Oknum Pejabat di Indramayu Diduga Bermain Proyek -->
Cari Berita

Advertisement

Oknum Pejabat di Indramayu Diduga Bermain Proyek

28 Juni 2024

Insert ; Sekda Indramayu Ir. Aep Surahman

StatusRAKYAT.com,Indramayu - Persengkongkolan bag-bagi proyek sudah tidak rahasia umum lagi, diduga oknum pejabat tinggi Indramayu bermain proyek, sehingga pemenang lelang dimenangkan nilai penawaran tertinggi di Indramayu, Jum'at (28/6/2024).

Ketua Asosiasi Kontraktor Seluruh Indonesia (Askindo) Edi Supriyadi, ST (Edi Geral) menemui media StatusRakyat.com mengatakan," Saya kecewa bahwa proye-proyek yang ada di Indramayu untuk pemenang tender proyek dimenangkan nilai penawaran  yang tertinggi kenapa nilai penawaran terendah tidak diklarifikasi, sebenarnya menurut aturan kan nilai penawaran terendah diklarifikasi dulu sebelum ada pengumuman pemenang ada apa?



Padahal jelas dalam Peraturan Menteri PUPR RI nomor 14 tahun 2020, lelang mengacu pada penawaran terendah yang sudah diklarifikasi jadi pemenang," ungkapnya.


Lebih lanjut, Kecurangan berikutnya banyak ditemukan kenapa setiap paket penawaran yang masuk itu itu saja, yang lain tidak berani pada masuk karena bisa terjadi kemungkinan tidak bisa masuk, diduga besar kemungkinan ada permainan oknum pejabat tertinggi yang ada di Indramayu," jelas Edi Supriyadi, ST alias Edi Geral.


Dan awak media menemui Sekda Indramayu Ir. Aep Surahman dirumahnya terkait lelang proyek pemenang penawaran tertinggi mengatakan," kalau sekarang tender pemenang sudah sistem online makanya kalau jadi kontraktor-kontraktoran yang benar penawaran yang benar karena digital tidak bisa dirubah di LKPP beda manual, LKPP adalah Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa semua proses mengadaan barang dan jasa dimonitor oleh LKPP coba kemarin apa," jelasnya.


Masih Aep Surahman , yang namanya penilaian harga itu terakhir pertama administrasi yang pertama ditanyakan ktp dulu setelah administrasi barulah teknis pekerjaannya gimana dan biaya-biayanya, itu bukan ukuran menang atau kalah bisa saja dimenangkan lebih tinggi kenapa? karena administrasi dan teknis tadi, sekarang begini nawar murah motornya motor cina kan speknya beda, sedangkan tawaran tertinggi motornya motor jerman ya disesuaikan speknya dong," terangnya.


Dengan adanya pernyataan kontrakror yang sebagian besar mengatakan pemenang mayoritas penawaran tertinggi maka awak media menanyakan pokja, dikantor LPSE Indramayu Nono mengatakan," nanti besok saja tidak berani mengatakan harus dimusyawarakan dulu ke pimpinan sambil tergesa-gesa mau pulang.(Red)