Diduga Oknum Sekdes Desa Singaraja Indramayu Pemalsuan Tanda Tangan AJB -->
Cari Berita

Advertisement

Diduga Oknum Sekdes Desa Singaraja Indramayu Pemalsuan Tanda Tangan AJB

11 Juli 2024


StatusRAKYAT.com,Indramayu - Kepastian hukum dan perlindungan hukum bagi masyarakat yang membutuhkan perlindungan hukum dari aparatur penegak hukum atau pemerintah sepertinya masih belum sepenuhnya ditegakkan di bumi Indonesia yang tercinta ini. Kok bisa????

Kasus dugaan pemalsuan tanda tangan dan stempel untuk menerbitkan akta jual beli (AJB) yang terjadi di desa Singaraja kabupaten Indramayu.

Sungguh ironis diduga oknum Sekdes desa Singaraja memalsukan tanda tangan dan stempel  camat dan kuwu dalam pembuatan Akta Jual Beli (AJB).

Menurut sumber yang tidak mau di sebutkan namanya mengutarakan bahwa ada 17 dokumen pembuatan AJB  yang di palsukan.

Dokumen AJB yang dipalsukan meliputi tanah sawah dan bangunan dengan nilai  nominatif untuk anggaran biaya yang diterima oleh oknum Juru Tulis.

Dari hasil penelusuran di lapangan bahwa ada beberapa masyarakat mengadu kepada awak media, membenarkan ada pemalsuan dokumen AJB.

Dari 17 dokumen yang dipalsukan, masyarakat tersebut sempat diundang oleh camat Indramayu guna menemukan solusi namun dalam pertemuan yang difasilitasi pihak kecamatan Oknum Sekdes berinisial FH tidak hadir. Hal ini sangat disayangkan dan masyarakat merasa kecewa.

Saat di konfirmasi camat Indra Maulana melalui WhatsApp belum bisa memberikan keterangan lebih lanjut akan tetapi camat membenarkan adanya pemalsuan dokumen AJB yang berada di desa Singaraja.

Adapun dalam pemalsuan tanda tangan pejabat lembaga pemerintah dapat dijerat dengan Pasal 263 ayat (1) KUHP, Barangsiapa membuat surat palsu atau memalsukan surat, yang dapat menerbitkan sesuatu hak, sesuatu perjanjian (kewajiban) atau sesuatu pembebasan utang, atau yang boleh dipergunakan sebagai keterangan bagi sesuatu perbuatan, dengan maksud akan menggunakan atau menyuruh orang lain menggunakan surat-surat itu seolah-olah surat itu asli dan tidak dipalsukan, maka kalau mempergunakannya dapat mendatangkan sesuatu kerugian dihukum karena pemalsuan surat, dengan hukuman penjara selama-lamanya enam tahun.

Saat ditemui media StatusRakyat.com FM mengatakan," sudah diselesakan waktu 3 Juli 2024 sambil tergesa gesa dan menghindar langsung pergi seakan ridak koperatif," ucapnya.(Red)